Jumat, 17 Juni 2011

Manfaat kopi

Manfaat Kopi

Selain sebagai minuman yang disukai, ternyata kopi punya nilai kesehatan. Dalam karya besarnya Qonun Al Tibb, Ibnu Sina (Avicenna, 981 – 1037 M) memaparkan khasiat kopi dalam membugarkan tubuh, membersihkan kulit, dan mengeringkan kelembaban di bawah kulit, serta memberi bau wangi pada seluruh tubuh. Sebelumnya, dokter Muslim abad ke-9 Ar Razy (Rhazes, 865 – 925 M) juga memaparkan sejumlah manfaat kesehatan dari kopi.

Ada beberapa riwayat tentang asal usul kopi. Yang terkenal adalah penemuan kopi oleh penggembala Arab bernama Khalid (750 M) yang hidup di Ethiopia. Ia mengamati perubahan perilaku kambing-kambingnya yang memakan tanaman kopi.
Kopi sebagai minuman pertama digunakan dan dibudidayakan di Yaman. Ada kesepakatan pula bahwa kalangan sufi-lah pengguna pertama minuman kopi. Kopi mereka manfaatkan untuk merangsang tubuh agar tetap terjaga ketika berdzikir (mengingat Allah) di larut malam.
www.muslimheritage.com: Ketika kalah dalam perang di Wina (1683 M), pasukan Turki meninggalkan kopi. Karena rasanya yang terlalu kuat, orang-orang Eropa mencampurnya dengan krim dan madu. Minuman ini lalu dinamakan Cappuccino sebagai lambang perayaan kemenangan Eropa mengalahkan tentara Kekhalifahan Utsmaniyyah.
Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
Disarankan untuk mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 2 cangkir tiap hari. Meminum kopi pahit yang berbahaya adalah gulanya.
Berikut adalah beberapa manfaat kopi:
1. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
2. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
3. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
4. Meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak
5. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
6. Dapat juga mengurangi nafsu makan sampai 35% dan membuat orang semangat untuk berolahraga.
7. Kafein mengurangi derita sakit kepala.
8. Kafein juga melindungi jantung dan mencegah kanker.
9. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
10. Peminum kopi yang mengandung kafein atau dekafein memiliki risiko diabetes lebih kecil.
11. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
12. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
13. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar